Dunia internet yang diramaikan oleh sosial media menuntut praktisi PR perusahaan
untuk mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi dan
pandai-pandai melakukan ekspansi produk melalui internet . Sebab pertarungan
merek didunia internet sangat riuh dan penuh kompetitor, popularitas merek di
mesin pencari tidak lagi didominasi oleh perusahaan besar, tetapi oleh tim PR
yang kreatif.
Media sosial sebagai saluran atau channel komunikasi untuk
memaksimalkan pertukaran informasi yang mendukung citra positif dari institusi
terhadap audiens internal maupun eksternal. Media sosial dipandang sebagai
salah satu alat yang efektif dalam menyebarkan berita dari perusahaan serta
dapat menjadi strategi komunikasi modern yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.
Media sosial memperkenalkan suatu hal revolusioner dalam kinerja dan praktik
perusahaan, terutama pada hubungan masyarakat. Media sosial itu sendiri terdiri
dari Blog, Web, Facebook, Twitter, Instagram, Line, WhatsApp, Youtube,dsb.
Mari kita lihat beberapa cara dimana media sosial memberikan
kontribusi untuk keberhasilan PR dan mengapa ini penting:
ü
Membangun hubungan Horisontal dengan Audiens
ü
Hubungan media
ü
Membesarkan merek
ü
Manajemen krisis
ü
Loyalitas merek
Dalam media sosial, seorang
praktisi PR dapat menaruh dokumen-dokumen seperti press release dan dokumen
lain mengenai kegiatan yang dilakukan perusahaan terkait dalam program CSR
(Corporate Social Responsibility). Hal tersebut dapat juga menjadi kegiatan
pembentukan citra sebuah perusahaan. Seorang profesional PR saat ini lebih
banyak menggunakan media sosial dalam menyebarkan siaran pers atau press
realese, video kampanye, fotografi, dan videografi sebagai dampak dari
berkembangnya internet. penggunaan media sosial dianggap sebagai suatu cara
yang efektif karena perusahaan dapat langsung mendapatkan feedback dari publik.
Referensi :
Jurnal Media Sosial dalam
Kegiatan Public Relations : Studi pada kegiatan CSR perusahaan. Fakhri Irawan
2015.
Komentar
Posting Komentar