Langsung ke konten utama

Media Sosial Digital PR


Seiring perkembangan zaman yang begitu pesat berdampak pada kemajuan teknologi yang semakin canggih. Dari generasi perang hingga generasi sekarang yaitu generasi Alpha. Di abad 21 ini, lahirnya internet sangat membantu aktivitas sehari-hari manusia. Dengan menggunakan internet kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja dengan seluruh orang di semua bagian negara.
Dunia internet yang diramaikan oleh sosial media menuntut praktisi PR perusahaan untuk mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi dan pandai-pandai melakukan ekspansi produk melalui internet . Sebab pertarungan merek didunia internet sangat riuh dan penuh kompetitor, popularitas merek di mesin pencari tidak lagi didominasi oleh perusahaan besar, tetapi oleh tim PR yang kreatif.

Media sosial sebagai saluran atau channel komunikasi untuk memaksimalkan pertukaran informasi yang mendukung citra positif dari institusi terhadap audiens internal maupun eksternal. Media sosial dipandang sebagai salah satu alat yang efektif dalam menyebarkan berita dari perusahaan serta dapat menjadi strategi komunikasi modern yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Media sosial memperkenalkan suatu hal revolusioner dalam kinerja dan praktik perusahaan, terutama pada hubungan masyarakat. Media sosial itu sendiri terdiri dari Blog, Web, Facebook, Twitter, Instagram, Line, WhatsApp, Youtube,dsb.

Mari kita lihat beberapa cara dimana media sosial memberikan kontribusi untuk keberhasilan PR dan mengapa ini penting:
ü  Membangun hubungan Horisontal dengan Audiens
ü  Hubungan media
ü  Membesarkan merek
ü  Manajemen krisis
ü  Loyalitas merek

Dalam media sosial, seorang praktisi PR dapat menaruh dokumen-dokumen seperti press release dan dokumen lain mengenai kegiatan yang dilakukan perusahaan terkait dalam program CSR (Corporate Social Responsibility). Hal tersebut dapat juga menjadi kegiatan pembentukan citra sebuah perusahaan. Seorang profesional PR saat ini lebih banyak menggunakan media sosial dalam menyebarkan siaran pers atau press realese, video kampanye, fotografi, dan videografi sebagai dampak dari berkembangnya internet. penggunaan media sosial dianggap sebagai suatu cara yang efektif karena perusahaan dapat langsung mendapatkan feedback dari publik.

Referensi :
Jurnal Media Sosial dalam Kegiatan Public Relations : Studi pada kegiatan CSR perusahaan. Fakhri Irawan 2015.
Agung Laksamana, 2015. Profesi Public Relations Indonesia dalam Era Digital. Jurnal Public Relations Indonesia. Vol.2, No. 3, November 2015.

Salam Komunikasi,



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Pengembangan Pesan

Komunikasi dalam kehidupan manusia merupakan hal yang sangat penting, karena dengan komunikasi dapat menjembatani segala bentuk ide yang akan disampaikan seseorang. Dalam setiap melakukan komunikasi unsur penting diantaranya adalah pesan, karena pesan disampaikan melalui media yang tepat, bahasa yang di mengerti, kata-kata yang sederhana dan sesuai dengan maksud, serta tujuan pesan itu akan disampaikan dan mudah dicerna oleh komunikan(sasaran). Setelah menetapkan sasaran yang dipilih, maka kita dapat menyusun sebuah pesan yang dapat mendorong sasaran ke arah tindakan atau perbuatan yang diharapkan. Pesan dapat dimengerti dalam tiga unsur yaitu kode pesan, isi pesan dan wujud pesan. Selain itu, menurut A.W. Widjaja dan M. Arisyk Wahab terdapat tiga bentuk pesan yaitu: 1. Informatif Yaitu untuk memberikan keterangan fakta dan data kemudian komunikan mengambil kesimpulan dan keputusan sendiri, dalam situasi tertentu pesan informatif tentu lebih berhasil dibandingkan persua

Media Planing dan Budgeting

  Budgeting  komunikasi pemasaran (marketing) merupakan bagian proses perencanaan pemasaran yang lebih luas dimana Budgeting tersebut menyediakan proses formal untuk merencanakan, melacak dan mengukur dampak pengeluaran kita terhadap segala aktivitas komunikasi pemasaran seperti periklanan, pemasaran langsung, online ataupun event . Anggaran tersebut menetapkan dana yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan komunikasi kita atau perusahaan kita dan menyediakan metode pengelolaan pengeluaran selama satu waktu anggaran.  Adapun definisi anggaran ( budget ) menurut Nafari (2007:11), menyatakan bahwa anggaran adalah suatu rencana kuantitatif (satuan jumlah) periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan. Anggaran ( budget ) merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang.  Menurut Ellen et.al. (2001:4), a

Strategi Kampanye Digital PR

Di Postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai media sosial digital public relations. Nah, kali ini saya akan bergeser ke topik lain yaitu Strategi Kampanye PR. Sebelum lebih jauh kita membahas topik ini, sudah tahukah teman-tema apa itu strategi?  Dan apa itu kampanye? Menurut Stephanie K. Marrus ” Strategi merupakan suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai”. Sedangkan kampanye Menurut Leslie B. Snyder (2002) “ kampanye komunikasi merupakan aktivitas komunikasi yang terorganisasi, secara langsung ditujukan kepada khalayak tertentu, pada periode waktu yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan tertentu”. Definisi  spesifik tentang public relations adalah suatu seni (arts) dan gabungan dari disiplin ilmu manajemen, komunikasi, psikologi, sosial, dan marketing, untuk membentuk agar perusahaan atau lembaga, gagasan atau ide