Langsung ke konten utama

Interactive Digital PR



Kamu pasti pernah mendengar Interactive Digital PR. Apakah kamu tau mengenai hal tersebut? Nah, kali ini saya akan membahas topik tersebut dengan sekuat tenaga, pikiran dan sekuat paket data internet saya. hehehe. 
Ok kita kembali ke topik bahasan,Interactive Digital PR adalah suatu pemanfaatan kemajuan teknologi yang meliputi new media relation, blog, mesin pencari, jejaring sosial  untuk keperluan komunikasi dua arah antara organisasi (atau perusahaan) dengan publik oleh praktisi PR.

Sebenarnya aktivitas PR interaktif tidak hanya terbatas pada publikasi press release secara online atau membuat dan menulis di blog resmi organisasi, tetapi juga memanfaatkan setiap elemen yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan publik/pelanggan, dan pada saat yang sama memelihara pengaruh dari setiap kata-kata yang diucapkan.

Seorang praktisi PR secara interaktif membantu organisasi atau perusahaan untuk mempublikasikan informasi dengan cepat dan efisien tanpa harus tergantung media konvensional  (surat kabar, majalah, radio, TV). Kelebihan lain PR interaktif adalah komunikasi langsung dan cepat antara organisasi dengan publik, pelanggan, dan prospek (calon pelanggan).
Tetapi disisi lain, kemampuan saluran internet dalam memberikan fasilitas komunikasi dua arah juga menimbulkan masalah tersendiri bagi organisasi. Respon dari publik belum tentu sesuai dengan yang kita diharapkan. Bisa saja public mempermalukan perusahaan/organisasi karna kurang tepat dalam mengelola isu, salah ucap, atau salah menempatkan diri dalam situasi sosial di dunia maya.

Beberapa karakter netizen cenderung over-reaktif. Banyak dari mereka dengan cepat merespon sesuatu bahkan sebelum memahami apa yang terjadi. Semakin heboh, berani, pedas, dan kontroversial status fb atau tweet-nya, egonya di dunia maya kian menjulang. Hal inilah yang perlu diantisipasi dengan baik oleh organisasi atau perusahaan yang mengaplikasikan public relations interaktif, agar citra perusahaan tetap terjaga.

Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Pengembangan Pesan

Komunikasi dalam kehidupan manusia merupakan hal yang sangat penting, karena dengan komunikasi dapat menjembatani segala bentuk ide yang akan disampaikan seseorang. Dalam setiap melakukan komunikasi unsur penting diantaranya adalah pesan, karena pesan disampaikan melalui media yang tepat, bahasa yang di mengerti, kata-kata yang sederhana dan sesuai dengan maksud, serta tujuan pesan itu akan disampaikan dan mudah dicerna oleh komunikan(sasaran). Setelah menetapkan sasaran yang dipilih, maka kita dapat menyusun sebuah pesan yang dapat mendorong sasaran ke arah tindakan atau perbuatan yang diharapkan. Pesan dapat dimengerti dalam tiga unsur yaitu kode pesan, isi pesan dan wujud pesan. Selain itu, menurut A.W. Widjaja dan M. Arisyk Wahab terdapat tiga bentuk pesan yaitu: 1. Informatif Yaitu untuk memberikan keterangan fakta dan data kemudian komunikan mengambil kesimpulan dan keputusan sendiri, dalam situasi tertentu pesan informatif tentu lebih berhasil dibandingkan persua

Media Planing dan Budgeting

  Budgeting  komunikasi pemasaran (marketing) merupakan bagian proses perencanaan pemasaran yang lebih luas dimana Budgeting tersebut menyediakan proses formal untuk merencanakan, melacak dan mengukur dampak pengeluaran kita terhadap segala aktivitas komunikasi pemasaran seperti periklanan, pemasaran langsung, online ataupun event . Anggaran tersebut menetapkan dana yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan komunikasi kita atau perusahaan kita dan menyediakan metode pengelolaan pengeluaran selama satu waktu anggaran.  Adapun definisi anggaran ( budget ) menurut Nafari (2007:11), menyatakan bahwa anggaran adalah suatu rencana kuantitatif (satuan jumlah) periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan. Anggaran ( budget ) merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang.  Menurut Ellen et.al. (2001:4), a

Strategi Kampanye Digital PR

Di Postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai media sosial digital public relations. Nah, kali ini saya akan bergeser ke topik lain yaitu Strategi Kampanye PR. Sebelum lebih jauh kita membahas topik ini, sudah tahukah teman-tema apa itu strategi?  Dan apa itu kampanye? Menurut Stephanie K. Marrus ” Strategi merupakan suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai”. Sedangkan kampanye Menurut Leslie B. Snyder (2002) “ kampanye komunikasi merupakan aktivitas komunikasi yang terorganisasi, secara langsung ditujukan kepada khalayak tertentu, pada periode waktu yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan tertentu”. Definisi  spesifik tentang public relations adalah suatu seni (arts) dan gabungan dari disiplin ilmu manajemen, komunikasi, psikologi, sosial, dan marketing, untuk membentuk agar perusahaan atau lembaga, gagasan atau ide