Komunikasi dalam kehidupan manusia merupakan hal yang sangat
penting, karena dengan komunikasi dapat menjembatani segala bentuk ide yang
akan disampaikan seseorang. Dalam setiap melakukan komunikasi unsur penting
diantaranya adalah pesan, karena pesan disampaikan melalui media yang tepat,
bahasa yang di mengerti, kata-kata yang sederhana dan sesuai dengan maksud,
serta tujuan pesan itu akan disampaikan dan mudah dicerna oleh
komunikan(sasaran). Setelah menetapkan sasaran yang dipilih, maka kita dapat
menyusun sebuah pesan yang dapat mendorong sasaran ke arah tindakan atau
perbuatan yang diharapkan. Pesan dapat dimengerti dalam tiga unsur yaitu kode
pesan, isi pesan dan wujud pesan.
Selain itu, menurut A.W. Widjaja dan M. Arisyk Wahab terdapat
tiga bentuk pesan yaitu:
1. Informatif
Yaitu untuk memberikan keterangan fakta dan data kemudian
komunikan mengambil kesimpulan dan keputusan sendiri, dalam situasi tertentu
pesan informatif tentu lebih berhasil dibandingkan persuasif.
2. Persuasif
Yaitu berisikan bujukan yakni membangkitkan pengertian dan
kesadaran manusia bahwa apa yang kita sampaikan akan memberikan sikap berubah.
Tetapi berubahnya atas kehendak sendiri. Jadi perubahan seperti ini bukan
terasa dipaksakan akan tetapi diterima dengan keterbukaan dari penerima.
3. Koersif
Menyampaikan pesan yang bersifat memaksa
dengan menggunakan sanksi-sanksi bentuk yang terkenal dari penyampaian secara
inti adalah agitasi dengan penekanan yang menumbuhkan tekanan batin dan
ketakutan dikalangan publik. Koersif berbentuk perintah-perintah, instruksi
untuk penyampaian suatu target.
Pesan mempunyai tiga komponen yaitu makna, simbol yang digunakan
untuk menyampaikan makna, dan bentuk atau organisasi pesan. Suatu pesan dapat
dikatakan efektif dan kreatif jika memenuhi tujuh kriteria :
1. Mengembangkan satu
ide/pesan pokok
2. Buatlah pesan yang
mudah, sederhana dan jelas
3. Pesan harus dapat
dipercaya
4. Tindakan yang
dilakukan harus memberi keuntungan
5. Pesan harus
konsisten
6. Pesan dapat
menyentuh akal dan rasa
7. Mendorong untuk
bertindak atau berbuat sesuatu
Dalam mengembangkan suatu pesan memang harus menarik
perhatian, maka dibutuhkan kemampuan antara ilmu dan seni. Proses dan teknik
pembuatan pesan tidak dapat dibuat begitu saja dengan cepat/spontan. Pekerjaan
membuat pesan agar menarik dapat disebut sebagai “pekerjaan kreatif” . Gilson,
rekanan pada sebuah perusahaan konsultan periklanan dan Berkman, profesor dalam
organisasi dan manajemen bisnis pada University of Miami, mendifinisikan
“pekerjaan kreatif” sebagai proses penggambaran, penulisan perancangan, dan
produksi sebuah pesan, yang merupakan jantung industri periklanan.
Kemudian,untuk menghasilkan pesan yang efektif diperlukan
unsur - unsur yang dikenal sebagai AIDA yang terdiri dari Attention (perhatian), Interest (minat),
Desire (kebutuhan/keinginan), Action (tindakan).
Referensi :
Komentar
Posting Komentar