Apa
itu Wabsite?
Website sering juga
disebut sebagai web, site, situs, atau situs web.Sebuah
halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain
text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi
berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa
skrip.
Sebuah
website agar bisa diakses di internet diperlukan 2 komponen yang harus ada
yaitu Domain dan Hosting.
Domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
Nama domain atau
biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet
yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain
domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada
dunia internet. Contoh : http://www.baliorange.net
Nama
domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan.
Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka
pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna
lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi
ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran
sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut.
Contoh
nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
Ø .Com : digunakan untuk situs atau website
komersial atau perusahaan.
Ø .Net : digunakan untuk situs atau website
network infrastruktur.
Ø .Org : digunakan untuk situs atau website
organisasi.
Ø .Edu : digunakan untuk situs atau website
pendidikan dan terbatas hanya untuk pendidikan.
Ø .Mil atau .mil.id: digunakan untuk situs atau
website angkata bersenjata atau Militer.
Ø .biz : digunakan untuk situs atau website
Bisnis.
Ø .travel : digunakan untuk situs atau website
Bisnis Pariwisata.
Ø .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai
badan hukum sah
Ø .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
Ø .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan
Republik Indonesia
Ø .web.id : Ditujukan bagi badan usaha,
organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.
Rumah tempat website (Web hosting)
Web Hosting
dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan
berbagai data, file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan
lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa
dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin
besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan
dalam website.
Web Hosting
juga diperoleh dengan menyewa. Pengguna akan memperoleh kontrol panel yang
terproteksi dengan username dan password untuk administrasi websitenya.
Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau
GB (Giga Byte). Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun.
Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang
banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Lokasi peletakan pusat
data (datacenter) web hosting bermacam-macam. Ada yang di Jakarta, Singapore,
Inggris, Amerika, dll dengan harga sewa bervariasi.
Secara garis besar, website bisa digolongkan
menjadi 3 bagian yaitu:
1. Situs web
statis
Situs
web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk
diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas
situs web tersebut dilakukan secara manual.
2. Situs web
dinamis
Situs web dinamis merupakan situs web
yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat
diperbarui secara berkala dengan mudah.
Sesuai dengan namanya, isi yang
terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu
periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang
umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.
3. Website Interaktif
Website
Interaktif adalah website yang bersifat interaktif yang lebih dikenal istilah
website generasi 2.0 ( web 2.0 ). dimana masing-masing user dapat memberikan
pertanyaan, jawaban, argument, ide dan lain-lain. Salah satu contoh website
interaktif adalah webs forum dan website komunitas.
Dalam
website interaktif terjadi komunikasi dua arah antara pengunjung dan pengurus
website atau antara pengunjung dengan sesama pengunjung. Contoh website keren
yang interaktif adalah Facebook dan Twitter.
Bagi Perusahaan inilah 10 manfaat jika
memiliki website.
1. Sarana Penjualan Produk
Jika Anda punya produk barang atau
jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website
itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia
internet. Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk
mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.
2. Mempermudah Komunikasi
Lewat website, Anda bisa berkomunikasi
dengan mudah. Entah itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan
calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai
fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.
Adanya kotak komentar di website,
adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.
3. Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda
Semakin dikenall profil maka akan
makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau
jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi
profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif.
4. Mendatangkan Calon Konsumen
Sebuah website juga bisa dijadikan
sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen. Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien
dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki.
Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari
Indonesia, tetapi dari luar negeri. Bahkan blog ini saja sering mendapatkan
kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk
ke blog ini.
5. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan
Anda
Lewat website, perusahaan Anda bisa
menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan Anda
mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa
ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan
dituntut untuk memiliki website.
6. Branding
Membangun branding juga sangat penting
bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat
website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas
tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu
lho .
7. Kemudahan Memberi Informasi
Dengan memiliki sebuah website,
perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal
kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen
maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari
perusahaan Anda meski jaraknya sangat jauh.
Selain itu, umumnya konsumen akan
lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website
karena kepraktisannya.
8. Kemudahan Melakukan Polling
Polling juga merupakan sarana untuk
mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat
website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa
dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian
polling yang bisa Anda tampilkan di website Anda. Dengan kemudahan ini, tentu
polling juga bisa dilakukan lewat website Anda.
9. Menimbulkan Kesan Profesiona
Sebuah perusahaan yang memiliki
website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang
belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih
dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website. Itulah sebabnya perusahaan
harus punya website.
10. Mencari Partner Baru
Banyak perusahaan yang terkadang
membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan
perusahaan Anda lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang
tahu mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan Anda. Dari sana mungkin saja
perusahaan Anda bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan.
Manfaat Website bagi Public Relations
Manfaat website bagi Public Relations adalah
dapat melakukan penelusuran langsung dan segera tentang apa yang dilakukan oleh
pesaing, mengetahui opini yang berlawanan dan opini dari masyarakat. Selain itu
PR juga dapat memanfaatkan web untuk virtual marketing, distribusi e-mail,
brochureware, discussion group, diskusi antar sesama pengguna internet seperti
diskusi antar sesama profesi PR.
Kesimpulan
Kemampuan media untuk mempengaruhi atau
membentuk presepsi publik tergantung dari isi pesan dan bagaimana pesan itu
disampaikan. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan dampaknya pada
perkembangan media massa memberikan peluang akses informasi masyarakat luas.
Salah satu media baru yang saat ini digunakan
oleh produksi Public Relations dalam menyampaikan pesannya adalah internet.
Internet mengubah pola komunikasi yang satu arah menjadi dua arah. Melalui
internet dalam menyebarkan informasi, prestasi Public Relations langsung
menjangkau audiens tanpa harus diintervensi oleh para penyunting naskah maupun
para reporter yang bertindak sebagai penjaga pintu dan yang melakukan sensor
atau filterisasi suatu informasi.
Perkembangan teknologi khususnya media
Internet mempengaruhi cara praktisi PR untuk menjalin komunikasi dengan
publiknya.
Contohnya
adalah cara menyampaikan press release perusahaan. Kegiatan PR perusahaan atau
organisasi yang sudah menguasai teknologi dengan baik biasanya menaruh press
release di situs web perusahaan. Cara ini sudah dilakukan oleh berbagai
perusahaan besar di berbagai belahan dunia. Dewasa ini, bila perusahaan tidak
memiliki situ web tersendiri, maka secara tidak langsung perusahaan itu telah
membuka peluang bagi kompetitor untuk berada satu langkah di depannya.
Website adalah sebuah tempat di Internet,
siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat
mengetahui tentang informasi yang disajikan, memberikan pertanyaan, memberikan
masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk.
Bila
praktisi PR tidak menguasai teknologi terbaru, maka hal tersebut menjadi
suatu kerugian besar bagi perusahaan atau organisasi tempatnya bekerja.
Perkembangan teknologi akan selalu berbanding lurus dengan tugas dan peran PR.
Misalnya menguasi Bahasa Pemograman ataupun mampun megaplikasikan Website.
DAFTAR PUSTAKA
Online Public Relations, A practical guide to developing an
online Strategy in the world of social media. David Phillpis & Philip
Young.
Online Communication Linking Technology Identity and Culture.
Andrew F. Wood & Matthew J. Smith.
Salam PR,
Kristina Verra
Komentar
Posting Komentar