Apa itu Blog?
Blog merupakan singkatan dari "web log"
yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada
sebuah halaman web umum (template blog).
Tulisan-tulisan ini seringkali
dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan
lebih dahulu atau pada urutan yang pertama baru kemudian diikuti dengan isi
atau postingan yang lebih lama dibuat), meskipun tidak harus selamanya demikian.
Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna
internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog
tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu (keyword) pada
halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine yang lainnya.
Dari pengertian blog diatas maka dapat kita ketahui
bahwa kegiatan yang dilakukan oleh PR terbagi dan secara online atau disebut
sebagai PR online,melalui Blog biasanya seorang PR melakukan penulisan yang
berisi informasi tentang perusahaan, produk, kegiatan perusahaan. Melalui blog,
seorang PR biasa memuat Press release, newsletter, artikel, fanpage,
periklanan, promosi, penyuluhan (tips dan saran) dan menampung keluhan serta
saran dari para costumer perusahaannya. Semua hal tersebut bisa digunakan PR
secara gratis ataupun berbayar namun walaupun berbayar, biaya yang dikeluarkan
tidak semahal membayar pada iklan televise, radio ataupun media cetak.
Sebagai
sarana periklanan dan promosi
PR bisa melakukan kegiatan periklanan dan promosi perusahaan melalui
blog dengan cara membuat suatu tulisan yang berisi informasi perusaahaan,
meng-upload foto perusahaan dan video tentang perusahaan dan kegiatan
periklanan serta promosi lainnya.
Sebagai
media costumer relations
Blog
dapat digunakan sebagai media costumer relations dimana PR dapa menjalin
hubungan baik dengan konsumen yakni dengan menampung keluhan dan saran dari
konsumen yang diposting pada blog dan menanggapinya dengan baik agar konsumen
merasa dilayani dengan baik sehingga dapat timbul kepercayaan dari konsumen
agar menjadi pelanggan yang setia. Selain melalui keluhan dan saran, melalui
blok seorang PR dapat meng-update informasi tentang produk perusahaan agar
konsumen bisa mendapat kemudahan dalam mencari informasi.
Sebagai
media investor relations
Melalui blog,
para investor bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan dengan lebih mudah
dan lebih cepat tanpa harus dating keperusahaan secara langsung untuk meminta
informasi.
Branding
Blog sendiri
bisa menjadi suatu “brand” atau merk yang menjadi pelengkap brand utama sebuah
institusi,. misalnya memiliki blog yang telah eksist dan dikenal, sehingga bisa
ikut meningkatkan promosi
Conferences
& events
Banyak event dan
konferensi diumumkan, diinformasikan dan juga ditutup (misalnya dengan
menyebarkan materi / komentar / hasil) melalui blog. Baik yang permanen, maupun
hanya sementara (misalnya event nya hanya sementara saja – time limited blog).
Adjunct
to PR
Dalam buku “The
Fall of Advertising and the Rise of PR” dijelaskan pentingnya blog bagi public
relation di era sekarang. Hal ini karena PR mengerti benar peranan penting blog
di masa datang. Debbie dalam buku ini juga mengambil contoh bagaimana Google
menggunakan blog sebagai alat kampanye PR mereka. Blog memberikan versi
informal (sering juga disebut : backstory) dari sebuah pengumuman resmi corporate.
Jadi, pada intinya dapat disimpulkan bahwa adanya blog memberikan
manfaat terhadap PR dari segi:
->Financial
à
secara financial PR tidak memerlukan anggaran dana terlalu besar dalam melakukan
kegiatannya.
->Waktuà
informasi dapat sampai kepada khalayak dengan waktu yang singkat dan cakupan
yang luas.
->Informasiàdalam
memberikan informasi, PR lebih mudah meng-update sendiri informasi yang ia bagikan, dan apabila
terjadi suatu kesalahan penulisan maka PR dapat dengan segera meng-edit berita
tersebut.
->Perusahaan
lebih dikenalàkarena dengan adanya blog
perusahaan pun memiliki eksistensi di dunia maya yang dapat diakses oleh siapa
saja diseluruh dunia, tanpa batasan ruang dan waktu.
Blog sebenarnya bukanlah solusi
akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk
mereka sepenuhnya pada blog korporat (corporate blog) yang dikerjakan oleh
praktisi PR. Namun demikian, tetap saja, penggunaan blog perusahaan, khususnya
di era keterbukaan saat ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajib
diperhatikan lebih seksama oleh perusahaan dan praktisi PR.
Salam PR,
Kristina Verra
DAFTAR PUSTAKA
http://responsive67.blogspot.com/2015/04/pengertian-blog-manfaat-dan-kegunaannya.html
https://pelatihanhumas.com/fungsi-blog-untuk-pr-public-relations/
Komentar
Posting Komentar